Bukan Kristen atau Yahudi atau Muslim, bukan Hindu, Budha, sufi, atau zen. Bukan agama atau sistem budaya apa pun. Bukan dari Timur atau Barat, bukan keluar dari samudera atau timbul dari darat, bukan alami atau akhirat, bukan dari unsur-unsur sama sekali. Aku bukan wujud, bukan entitas di dunia ini atau akhirat, bukan dari Adam atau Hawa atau cerita asal-usul mana pun. Tempatku adalah Tanpa-Tempat, jejak dari yang Tanpa-Jejak. Bukan raga maupun jiwa.

Selasa, Januari 22, 2008

IBU


SAJAK IBU
karya wiji thukul

ibu pernah mengusirku minggat dari rumah
tetapi menangis ketika aku susah
ibu tak bisa memejamkan mata
bila adikku tak bisa tidur karena lapar
ibu akan marah besar
bila kami merebut jatah makan
yang bukan hak kami
ibuku memberi pelajaran keadilan
dengan kasih sayang
ketabahan ibuku
mengubah rasa sayur murah
jadi sedap

ibu menangis ketika aku mendapat susah
ibu menangis ketika aku bahagia
ibu menangis ketika adikku mencuri sepeda
ibu menangis ketika adikku keluar penjara

ibu adalah hati yang rela menerima
selalu disakiti oleh anak-anaknya
penuh maaf dan ampun
kasih sayang ibu
adalah kilau sinar kegaiban tuhan
membangkitkan haru insan

dengan kebajikan
ibu mengenalkan aku kepada tuhan

(Solo, 1986).

----------------------------------

setiap orang pasti punya ibu
tapi setiap orang belum tentu
bisa menjadi ibu

setiap orang pasti punya ibu
tapi setiap orang belum tentu
menemukan pendamping yang
bisa menjadi seperti ibu

setiap orang pasti punya ibu
tapi setiap orang belum tentu
bisa membuat wanita menjadi seprti ibu
setiap orang pasti punya ibu

Pelajar, mahasiswa, pegwai, wartawan,
buruh, majikan, polisi, tentara, presiden,
bahkan nabi pun punya ibu
ya, setiap orang pasti punya ibu

aku ingin terus didekat mu ibu
aku ingin terus bersama mu ibu
aku ingin terus memeluk mu ibu
aku ingin terus melihat mu ibu
aku ingin terus dibelai mu ibu
aku ingin... aku ingin....

setiap orang pasti punya ibu
maafkanlah putramu ini ibu
putramu hanya mencari kehidupan ibu
bukan berarti putramu berpaling dari mu ibu

aku tahu setiap orang pasti punya ibu

Tidak ada komentar: