Bukan Kristen atau Yahudi atau Muslim, bukan Hindu, Budha, sufi, atau zen. Bukan agama atau sistem budaya apa pun. Bukan dari Timur atau Barat, bukan keluar dari samudera atau timbul dari darat, bukan alami atau akhirat, bukan dari unsur-unsur sama sekali. Aku bukan wujud, bukan entitas di dunia ini atau akhirat, bukan dari Adam atau Hawa atau cerita asal-usul mana pun. Tempatku adalah Tanpa-Tempat, jejak dari yang Tanpa-Jejak. Bukan raga maupun jiwa.

Selasa, Juni 17, 2008

AKU LAGI PAYAH

Sudah hampir satu bulan ini aku merasakan susah sekali menuangkan segala sesuatu ke dalam rangkaian kata-kata berrima. Mungkinkah aku memang tak berbakat dibidang ini? Ataukah kemampuan ku menuangkan keadaan ke dalam sebuah sajak telah ditarik yang maha Esa?

Baku hantam di dalam kepala ini terasa sampai degub-degub jantung. Bagaimana tidak, aku merasa mandul-tak berkarya-dari itu semua. Sudah berbagai macam cara di coba agar semua bisa kembali normal seperti sebelumnya. Tapi, hasilnya tetap saja gagal. Sajak ku banyak yang gagal. Tidak berasa dan aku buang.

Yah...., sepertinya aku harus banyak membaca dan belajar lagi dari kawan-kawan yang berstatus seniman, seraya mengulas lagi kata-kata yang pernah tercetak dari jari-jari kurus ini.


-------------------------------------------------------
KERTAS PUTIH

kertas putih ini telah bernoda
ada yang hitam
ada pula yang berwarna merah
belepotan tak berbentuk

aku hampir menyesal
tapi, bisa apa aku ini?
karna sekarang,
kertas putih itu telah bernoda
belepotan tak berbentuk

aku ingin kertas putihku kembali
aku ingin membuat coretan
di tiap lembar kertasku
tapi, kertas putih itu telah bernoda
belepotan tak berbentuk lagi

(jakarta, 17 juni 2008)


1 komentar:

Au' mengatakan...

Lagi payah, kok daku nggak percaya yah? :D